Bertempat di Aula Sidoluhur Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Jl. Kyai Mojo No. 56 Yogyakarta telah dilaksanakan Seleksi Jabatan Pimpinan Tertinggi Pratama di Lingkungan Kabupaten Sleman dengan Metode Quasi Assessment Center.  Acara ini dibuka oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Ibu Amin Purwani S.H., M.Ec.Dev bersama dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Bapak Harda Kiswaya, SE, M.Si dan Kepala Balai Pengukuran Kompetensi  Pegawai BKD DIY Bapak Drs. Aris Widaryanto, M.M dengan peserta sebanyak 28  dibagi dalam 2 gelombang yang akan dilaksanakan selama 2 hari 18 dan 19 Mei 2021.

Dalam Pengukuran Kompetensi ini akan menggunakan Metode Quasi, metode ini adalah metode terstandar yang dilakukan untuk menilai kompetensi dan prediksi  keberhasilan pegawai dalam suatu jabatan dengan menggunakan 2 alat ukur simulasi dan dilakukan oleh beberapa  Assesor. Dalam metode ini multi dimensi, multi tools menggunakan alat ukur psikometri, 1 simulasi (LGD) dan Wawancara (CBI)  yang disesuaikan dengan persyaratan target kompetensi jabatan, setiap Assesse dinilai minimal 2 Assessor dengan hasil pengukuran berupa Profil Kompetensi  Assesse, Laporan dan Rekomendasi.

Pengukuran Kompetensi akan dimulai dengan Leaderless Group Discussion (LGD) yang akan dibagi dalam 2 kelompok dilanjutkan dengan Psikometri dengan beberapa instrumen yang akan dipandu oleh para Assessor yang telah berpengalaman. Dan terakhir dengan Competency Based Interview (CBI) wawancara yang bertujuan mengetahui kemampuan Assessi dalam mengatasi suatu masalah. Dengan metode-metode yang digunakan tersebut dan dengan Assessor  Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai BKD DIY yang berpengalaman dalam melakukan Pengukuran Kompetensi diharapkan dapat tercermin sejauh mana kompetensi para peserta Seleksi Jabatan Pimpinan Tertinggi Pratama sehingga dapat menjadi dasar pertimbangan Pemerintah Kabupaten Sleman dalam menentukan kandidat yang terbaik.