Bertempat di Aula Sidoluhur Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai, Badan Kepegawaian Daerah DIY pada 21 April 2021 telah diselenggarakan Sharing Session melalui Zoom Meeting dengan narasumber dari PT Pertamina Training & Consulting. Sharing session ini mengangkat tema Assessment Center  secara online dengan narasumber praktisi Ibu Christian Djamil, Bapak Prajogo Tyasworo, dan Ibu Nor Iyoni. Acara dibuka oleh Ibu Indah Kurnianingsih, Direktur Operasi dan Pemasaran PTC dan Kepala Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai Bapak Aris Widaryanto. Saat ini muncul tuntutan kebutuhan untuk mapping pegawai dalam waktu yang cepat dengan ketepatan hasil yang paling optimal, sehingga Assessment Center secara daring menjadi pilihan apalagi di masa pandemi. Semuanya butuh kesiapan dari semua pihak baik Assessor, Asesi maupun penyelenggara Assessment Center secara umum. Semua harus berkomitmen untuk belajar menghadapi era transformasi digital. Semoga Balai PKP ke depannya dapat segera mewujudkan Assessment Center secara online

Pertamina Training And Consulting (PTC) merupakan anak perusahaan PT. Pertamina (Persero) yang memfokuskan diri pada pengembangan sumber daya manusia melalui jasa pelatihan, konsultasi, dan manajemen human capital sebagai solusi bisnis. PT. PTC sudah berpengalaman dalam memberikan layanan Assessment Center, dan dalam situasi pandemi ini. PT. PTC sudah melaksanakannya secara online, Sharing pengalaman ini dilaksanakana dalam rangka berbagi pengalaman serta pembelajaran sebelum metode Assessment Center secara Online diterapkan dalam pelayanan Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai.

Assessment Center adalah metode terstandar yang dilakukan untuk menilai kompetensi dan prediksi keberhasilan pegawai dalam suatu jabatan dengan menggunakan beberapa alat ukur simulasi dan dilakukan oleh beberapa assessor. Simulasi yang digunakan seperti Leaderless Group Discussion (LGD), In BasketProblem AnalysisPresentationCompetency Based Interview (CBI). Dengan kondisi Pandemi Covid 19 yang masih melanda diperlukan adanya inovasi dalam pelaksanaannya. Assessment secara Online menjadi pilihan yang tepat untuk mengurangi resiko penyebaran Virus Covid 19. Asesi tidak perlu bertatap muka langsung dengan asesor, cukup menyiapkan sarana dan prasarana yang mendukung dalam proses Assessment Center secara online seperti PC/ laptop, dengan audio video yang memadai serta jaringan internet yang baik.

Kegiatan sharing pengalaman dalam pelaksanaan assessment secara online yang telah dilaksanakan oleh PTC bertujuan untuk menambah materi serta pengalaman dalam pengembangan pelaksanaan Assessment Center secara online. Penyiapan sarana prasarana yang dibutuhkan, proses assessment dan kendala yang dihadapi dan juga solusi yang bisa didapatkan atas segala keterbatasan yang dimiliki oleh Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai. Semoga harapan dan cita-cita itu bisa terwujud dalam rangka menyiapkan diri dalam persaingan yang makin ketat. (wowo)