Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai BKD DIY bekerjasama dengan BKPP Kabupaten Sleman menyelenggarakan acara pengukuran kompetensi dalam rangka Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama untuk mengisi 7 Jabatan di lingkungan Pemkab Sleman  dengan metode Assessment Center. Dalam seleksi secara terbuka ini diikuti oleh 26 Peserta yang akan bersaing mengisi Jabatan diantaranya Sekretaris DPRD, Direktur RSUD Sleman, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Pemberadayaan Masyarakat dan Kelurahan, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah. Pengukuran kompetensi ini akan dilaksanakan dalam 5 angkatan, adapun jadwal pelaksanaannya sebagai berikut :

No

Tanggal Pelaksanaan Jumlah Peserta
1 11 dan 12 Oktober 2021 6
2 14 dan 15 Oktober 2021 5
3 21 dan 22 Oktober 2021 5
4 25 dan 26 Oktober 2021 5
5 28 dan 29 Oktober 2021 5

Acara pengukuran dengan metode Assessment Center ini dibuka oleh Kepala BKD DIY Ibu Amin Purwani, S.H. M.Ec.Dev bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Bapak Harda Kiswaya, SE., M.Si didampingi Kepala Balai PKP Bapak Drs. Aris Widaryanto, M.M.  Dalam sambutan dan arahannya Kepala BKD DIY Ibu Amin Purwani, S.H. M.Ec.Dev menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Sleman  yang ke sekian kalinya telah memberikan kepercayaan kepada Balai PKP BKD DIY dalam melakukan pengukuran kompetensi baik sebagai proses seleksi maupun updating data kompetensi ASN di lingkungan Pemkab Sleman. Selain itu, beliau menyampaikan bahwa Balai PKP BKD DIY telah terakreditasi A sehingga secara SDM, sarana dan prasarana memenuhi syarat untuk melakukan Pengukuran Kompetensi hingga tingkat Jabatan Pimpinan Tertinggi Madya. Para peserta juga diminta untuk dapat mengikuti semua tahapan pengukuran dengan baik agar potret kompetensi yang diukur dapat terekam dengan baik dan dapat menjadi dasar pertimbangan dalam menentukan kandidat yang tepat sesuai dengan jabatan yang dibutuhkan.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Bapak Harda Kiswaya, SE., M.Si menyampaikan bahwa pengukuran ini akan sangat menguntungkan bagi semua pihak, bagi Pemkab Sleman hasil pengukuran ini akan menjadi database dan sewaktu-waktu dapat digunakan dan bagi pribadi masing-masing peserta dapat mengetahui kompetensi dan kapasitas yang dimiliki masing-masing. Harda Kiswaya, SE., M.Si mengapresiasi semua peserta yang telah dengan sukarela mengikuti seleksi ini dan kepada Balai PKP BKD DIY yang telah mendukung proses seleksi ini. Beliau juga berpesan agar para peserta dapat mengikuti semua proses dengan ikhlas agar hasilnya maksimal dan dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan pilihan pejabat yang akan mengisi jabatan yang kosong dan menambah pengalaman karena dalam proses pengukuran kompetensi ini, ada simulasi penyelesaian masalah yang ternyata sangat bermanfaat bagi pelaksanaan tugas sehari-hari.

Sementara itu Kepala Balai PKP BKD DIY Bapak Drs. Aris Widaryanto, M.M menjelaskan secara teknis pelaksanaan pengukuran kompetensi dengan Metode Assessment Center ini akan dilaksanakan selama 2 hari menginap di Balai PKP BKD DIY. Di hari pertama peserta akan mengikuti tahapan simulasi Leaderless Group Discussion (LGD), Simulasi Problem Analisys (PA) dan In Basket/In Tray, di mana dalam simulasi ini akan dilakukan diskusi secara berkelompok dan secara individu. Di hari kedua peserta akan melalui tahap pengukuran Psikometri diantaranya akan mengerjakan simulasi IST, Papi Kostik, Wartegg, BAUM, DAP dan Kraeplin. Selain itu secara paralel akan dilaksanakan interview oleh Asesor berkaitan dengan simulasi Problem Analisys yang sudah dikerjakan sebelumnya. Dengan kondisi masih dalam situasi Pandemi Covid 19 peserta diminta untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid 19 dengan selalu memakai masker, cuci tangan ditempat yang telah disediakan, tetap menjaga jarak dan tidak berkerumun.(wow)