Penilaian kompetensi merupakan salah satu cara yang dilakukan dalam rangka untuk mendapatkan data pemetaan pegawai menuju talent manajemen. Pemerintah Kabupaten Sleman memiliki komitmen yang kuat dalam rangka melakukan percepatan implementasi sistem merit, salah satu caranya adalah dengan mengirimkan pegawainya untuk mengikuti penilaian kompetensi di Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai, Badan Kepegawaian Daerah DIY.

Dalam kerja sama kali ini, Pemerintah Kabupaten Sleman mengirimkan 48 orang pegawainya dalam penilaian kompetensi assessment center metode kompleks, dengan tujuan untuk mutasi maupun promosi. Pelaksanaan penilaian sendiri dilakukan dalam 8 angkatan di mana masing-masing angkatan berjumlah 6 orang peserta.

No Tanggal Pelaksanaan Jumlah Peserta
1 21 dan 22 Februari 2022 6
2 24 dan 25 Februari 2022 6
3 01 dan 02 Maret 2022 6
4 17 dan 18 Maret 2022 6
5 21 dan 22 Maret 2022 6
6 24 dan 25 Maret 2022 6
7 28 dan 29 Maret 2022 6
8 31 Maret dan 01 April 2022 6

Acara penilaian kompetensi assessment center metode kompleks ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Bapak Harda Kiswaya, SE., M.Si didampingi Kepala Balai PKP Bapak Drs. Aris Widaryanto, M.M.  Dalam kesempatan ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Bapak Harda Kiswaya, SE., M.Si menyampaikan bahwa pengukuran ini bagi Pemkab Sleman akan menjadi database dan sewaktu-waktu dapat digunakan sesuai kebutuhan dan bagi pribadi masing-masing peserta dapat mengetahui kompetensi dan kapasitas yang dimiliki masing-masing. Bapak Harda Kiswaya, SE., M.Si mengapresiasi semua peserta yang telah dengan sukarela mengikuti seleksi ini dan kepada Balai PKP BKD DIY yang telah mendukung proses seleksi ini. Beliau juga berpesan agar para peserta dapat mengikuti semua proses dengan ikhlas agar hasilnya maksimal dan dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan pilihan pejabat yang akan mengisi jabatan yang kosong dan menambah pengalaman karena dalam proses pengukuran kompetensi ini, ada simulasi penyelesaian masalah yang sangat bermanfaat bagi pelaksanaan tugas sehari-hari.

Sementara itu Kepala Balai PKP BKD DIY Bapak Drs. Aris Widaryanto, M.M menjelaskan secara teknis pelaksanaan penilaian kompetensi assessment center metode kompleks ini terdiri dari beberapa tahap tes dan akan dilaksanakan selama 2 hari menginap di Balai PKP BKD DIY. Dengan kondisi masih dalam situasi Pandemi Covid 19 peserta diminta untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid 19 dengan selalu memakai masker, cuci tangan ditempat yang telah disediakan, tetap menjaga jarak dan tidak berkerumun. Tak lupa juga, disampaikan safety briefing dalam penanganan darurat bencana untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi dan di luar kendali. (wow)