Salah satu elemen penting dalam sebuah bisnis atau perusahaan baik swasta maupun publik adalah service excellent atau pelayanan prima. Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat penerapan pelayanan prima sangatlah penting. Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai BKD DIY menyelenggaran Inhouse Training Service Excellent bersama Rumah Mutu Surabaya yang dilaksanakan di hotel Dafam Fortuna Malioboro 6 Juni 2022 diikuti seluruh Pegawai Balai PKP dan perwakilan BKD DIY. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dalam memberikan pelayanan prima kepada pelanggan baik internal maupun eksternal. Materi yang disampaikan oleh Ibu Widayanti Achmad dari Rumah Mutu Surabaya sebagai praktisi dan Trainer High Impact Quality Service Excellent yang sudah sangat berpengalaman di bidang service excellent. Peserta dalam pelatihan ini tidak hanya diberikan materi tentang pelayanan prima namun juga praktek langsung dengan Roleplay dalam memberikan pelayanan sehingga selain dapat memahami teori sekaligus dapat menerapkan langsung teori yang diberikan.

Dalam pelatihan ini Ibu Widayanti Achmad memberikan materi bagaimana menjadi tenaga pelayanan yang handal, memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan pelayanan prima kepada pelanggan serta menumbuhkan kepuasan bekerja karena bisa memuaskan pelanggan. Dalam materi ini peserta diharapkan dapat meningkatkan produktifitas kerja dengan:

  1. memenuhi prinsip-prinsip kepuasan pelanggan,
  2. meningkatkan kualitas pelayanan,
  3. bekerja obyektif dengan kompetensi yang memadai serta efisien,
  4. menguasai teknik dan strategi etika pelayanan
  5. mampu mengoptimalkan kepribadian dalam memberikan pelayanan dan mempertahankan kepuasan pelanggan
  6. mengetahui secara obyektif persepsi pelanggan terhadap produk yang kita berikan.

Dengan menguasai materi-materi yang disampaikan diharapkan kepuasan pelanggan dapat terpenuhi dan konsisten dalam memberikan pelayanan prima.

Pada sesi ini pembicara memberikan materi tentang Sikap dan Kepribadian petugas pelayanan profesional. Sebagai pelayan profesional bagaimana bersikap dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan merupakan nilai dasar yang harus dimiliki. Sikap yang diberikan sangat menentukan kepuasan pelanggan dalam menikmati layanan yang kita berikan sehingga seorang pelayan yang profesional harus memiliki sikap yang tepat agar pelanggan puas dan mau kembali untuk mengakses layanan yang dimiliki. Selain itu kepribadian positif bagi seorang pelayan sangat mempengaruhi dalam memberikan pelayanan, sehingga dituntut untuk mengembangkan diri agar dapat mempengaruhi pelanggan untuk terus menggunakan jasanya. Penampilan seorang pelayan juga tidak kalah pentingnya sehingga dapat memberikan kesan yang baik. Senyum yang tulus, keinginan melayani dengan baik, menghormati, tanggungjawab, terstruktur dalam berpikir sehingga dapat menerapkan metode yang tepat dalam memberikan pelayanan, kesetiaan kepada instansi dan rekan dalam bekerja sama, akal pikiran yang sehat dan logis, cara berbicara yang bijak dan keinginan yang kuat merupakan kunci dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan. Hal ini dapat dicapai dengan terus berlatih mengembangkan diri serta secara konsisten menerapkannya dalam melayani sehari-hari.

Dalam sesi roleplay atau praktek dalam memberikan layanan, peserta dihadapkan pada beberapa situasi dalam pelayanan diantara dalam penyambutan bagaimana peserta dalam memberikan kesan pertama kepada pelanggan, handling complain atau penanganan keluhan pelanggan terhadap layanan yang diberikan dan bagaimana memberikan solusi yang cepat dan tepat sehingga pelanggan dapat menerima dengan baik dan tetap puas terhadap layanan yang diberikan. Dengan praktek ini diharapkan dapat diterapkan pada saat memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan catatan harus selalu konsisten untuk berlatih dan menerapkan Acara Inhouse Training ini ditutup dengan komitmen bersama untuk konsisten menerapkan pelayanan prima dalam setiap kesempatan baik dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan internal maupun eksternal sehingga pelayanan yang diberikan memberikan kesan yang baik dan pelanggan akan selalu setia untuk menggunakan layanan yang disediakan. Wow