Rabu, 14 September 2022 Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai Badan Kepegawaian Daerah DIY menerima kunjungan Studi Komparatif Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemerintah Kabupaten Tegal. Dalam kunjungan ini BKP SDM Kabupaten Tegal melakukan Studi Komparatif penyelenggaraan penilaian kompetensi ASN, alat tes dan simulasi yang digunakan Balai PKP BKD DIY dalam memberikan layanan penilaian kompetensi.  Kunjungan ini untuk berbagi pengalaman dalam melaksanakan penilaian kompetensi di Kabupaten Tegal yang baru saja membuka UPT Penilaian Kompetensi.

Balai PKP BKD DIY sebagai unit pelaksana penilaian kompetensi di Daerah Istimewa Yogyakarta telah berpengalaman sejak Tahun 2000 dan telah terakreditasi A dari Badan Kepegawaian Negara sebagai penyelenggara penilaian kompetensi menjadi rujukan bagi Pemerintah Daerah lain yang sedang mengembangkan Unit Penilaian Kompetensi di daerahnya. Pengalaman dalam memberikan pelayanan penilaian kompetensi bagi internal Pemda DIY dan mitra eksternal sangat dibutuhkan oleh Pemda yang akan atau baru membuka layanan penilaian kompetensi baik dari segi penyelenggaraan, pengelolaan, metode, alat simulasi, sumber daya manusia maupun sarana prasarana yang dibutuhkan dalam menyelenggarakan penilaian kompetensi.

Rombongan BKP SDM Kabupaten Tegal diterima diruang LGD Balai PKP oleh Kepala Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai BKD DIY Drs. Aris Widaryanto,M.M. beserta jajarannya. Dalam kunjungan ini Balai PKP menyampaikan profil organisasi, sejarah berdirinya dan latar belakang berdirinya Balai PKP sebagai unit penilaian kompetensi Pemda DIY. Kunjungan ini sangat bermanfaat bagi BKP SDM Kabupaten Tegal dalam membangun Unit Penilaian Kompetensi, perlu persiapan yang matang baik dari perencanaan, penganggaran, sarana dan prasarana serta kompetensi SDM. BKP SDM Kabupaten Tegal sangat antusias dalam bertukar pikiran pengalaman pelaksanaan penilaian kompetensi di Balai PKP BKD DIY. Wow