Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Tes Psikologi bagi Calon Petugas Haji Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2023. Acara diselenggarakan di Aula Sidoluhur Balai PKP BKD DIY pada tanggal 25 dan 26 Januari 2023 diikuti oleh 51 orang peserta yang telah mendaftar dan lolos seleksi administrasi. Acara dibuka oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY Ibu Amin Purwani, S.H., M.Ec.Dev. dan Kepala Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY Bapak Djarot Margiantoro, S.T.P., M.Sc. didampingi Kepala Balai PKP Bapak Drs. Aris Widaryanto, M.M.

Dalam sambutannya Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Balai Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai BKD DIY untuk menilai potensi Calon Petugas Haji DIY Tahun 2023 dan berharap semua tahapan tes dapat diikuti dengan serius agar hasil penilaian potensi peserta Calon Petugas Haji Pemda DIY 2023 dapat terpotret dengan baik. Kepala Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY menyampaikan bahwa Tes Psikologi merupakan bagian dari tahapan seleksi Calon Petugas Haji DIY tahun 2023 sebelum dinyatakan lolos sebagai Petugas Haji DIY, para peserta diharapkan dapat mengikuti semua rangkaian tes dengan baik. Kepala Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai Bapak Drs Aris Widaryanto M.M. dalam kesempatan ini menyampaikan teknis pelaksanaan Tes Psikologi yang akan dihadapi para peserta.

Penilaian potensi (psikotes) ini dilakukan dengan Tes Psikologi berbasis CAT (Computer Assisted Tes). Psikotes  adalah  alat  ukur  yang  menggunakan  berbagai  alat  tes psikologi yang sudah terstandar untuk melihat kecenderungan potensi kecerdasan dan preferensi Asesi yang dapat dijadikan salah satu prediksi keberhasilan pegawai dalam suatu pekerjaan. Tes Potensi dilaksanakan untuk menilai kemampuan intelektual, kemampuan interpersonal, kesadaran diri, kemampuan berpikir kritis dan strategis, kemampuan menyelesaikan permasalahan, kecerdasan emosional, kemampuan belajar cepat dan mengembangkan diri, serta motivasi dan  komitmen asesi. Agar dihasilkan Calon Petugas Haji yang benar-benar dapat melayani jamaah Haji DIY, maka aspek psikologis yang dinilai ditambah stabilitas emosi, kepekaan dan dorongan membantu orang lain.

Penilaian potensi (psikotes) dilakukan berbasis Computer Assisted Test (CAT) dengan  menggunakan 3 instrumen sebagai berikut: Galang Satrio Adaptibility Test (GSAT), Triadic Intelligence Computerized Test (TICT), dan Manajerial Situational Judgment Test (MSJT). Wow