Acara Workshop diawali dengan di buka oleh Kepala Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai, Bapak Drs. Aris Widaryanto, M.M yang menyampaikan bahwa workshop pada hari ini merupakan lanjutan dan sedikit refresh terkait pengembangan alat simulasi penilaian kompetensi. Kilas balik pada tahun 2020 kegiatan pernah dilaksanakan dan bekerja sama dengan Bapak Raimundus R. Karsono, S.Psi.,Psi.,M.Psi.T sebagai leadernya. Kegiatan diikuti oleh 6 asesor dan 2 pejabat struktural dari Balai PKP bertempat di KHAS Tugu Hotel Yogyakarta pada tanggal 2 November 2023.

Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai sebagai lembaga pengelola kegiatan penilaian kompetensi di Pemerintah Daerah DIY diwajibkan melaksanakan pengembangan kompetensi khususnya bagi asesor dan pada tahun 2023 lebih fokus pada pengembangan simulasi/alat ukur.

Kegiatan ini bertujuan melakukan penyegaran kepada asesor bagaimana cara pengembangan simulasi berdasarkan tingkat kompleksitas permasalahan sesuai dengan level jabatan asesi. Diharapkan dari kegiatan ini Balai PKP menghasilkan konsep/draft simulasi Assessment Center berdasarakan tingkat kompleksitas permasalahan sesuai dengan level jabatan masing-masing asesi untuk dapat dikembangkan lebih lanjut.

Materi-materi yang disampaikan oleh trainer adalah teknik bagaimana penyusunan simulasi baik berupa konsep, sharing pengalaman serta praktek. Setiap topik materi akan dimulai dengan diskusi dan sharing pengalaman mengenai simulasi dalam proses assessment center, yang dilanjutkan dengan penjelasan mengenai konsep dasar tahapan penyusunan simulasi.