Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai BKD DIY menyelenggarakan Tes Psikologi dalam rangka seleksi calon anggota Komisi Informasi Daerah (KID) DIY masa jabatan 2023-2027. Acara Tes Psikologi ini diselenggarakan di Ruang Sidoluhur Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai, 23 Oktober 2023 dengan diikuti oleh 20 orang peserta.

Tes Psikologi ini dilaksanakan sebagai salah satu tahapan yang harus dilalui para calon anggota Komisi Informasi Daerah (KID). Acara ini dibuka oleh Ketua Pansel calon anggota Komisi Informasi Daerah (KID) Bapak Handoko Agung Santoso, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Bapak Hari Edi Tri Wahyu Nugroho S.I.P., M.Si. Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY Ibu Amin Purwani, S.H., M.Ec.Dev. didampingi Kepala Balai PKP Bapak Drs. Aris Widaryanto, M.M.

Tes Psikologi merupakan  alat  ukur  yang  menggunakan  berbagai  alat tes psikologi yang sudah terstandar untuk melihat kecenderungan potensi kecerdasan dan preferensi Asesi yang dapat dijadikan salah satu prediksi keberhasilan pegawai dalam suatu pekerjaan. Tes Psikologi untuk menilai potensi dilakukan berbasis Computer Assisted Test (CAT) dengan  menggunakan 3 instrumen sebagai berikut: Galang Satrio Adaptibility Test (GSAT), Triadic Intelligence Computerized Test (TICT), dan Manajerial Situational Judgment Test (MSJT).

Laporan Hasil Penilaian Tes Psikologi ini memberikan informasi secara terperinci dan komprehensif mengenai potensi setiap peserta, yang dapat dimanfaatkan sebagai dasar pengambilan keputusan dalam menyeleksi calon anggota Komisi Informasi Daerah DIY.