Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik berdasarkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik di Lingkungan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik dan SE Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 19 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik di Lingkup Instansi Pemerintah.
Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik (FKP) Balai PKP di buka oleh Kepala Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai Bapak Drs. Aris Widaryanto, M.M yang dilaksanakan secara daring dan luring pada tanggal 21 Februari 2024 di ruang Sidoluhur Balai PKP di hadiri oleh beberapa instansi di Pemda DIY, mitra kerja sama penilaian kompetensi Kabupaten/Kota DIY, mitra kerja sama penilaian kompetensi luar DIY serta dari Perguruan Tinggi di Yogyakarta.
Beberapa hal yang menjadi agenda pembahasan di kegiatan Forum Konsultasi Publik antara lain penyampaian realisasi kerja sama tahun 2023, penyampaian tindak lanjut masukan dan saran responden hasil SKM 2023, Forum Konsultasi Publik (penyampaian review standar pelayanan 2023), penyampaian hasil monitoring dan evaluasi pemanfaatan hasil penilaian kompetensi tahun 2024, penyampaian rencana kerja sama penilaian kompetensi tahun 2025.
Kepala Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai, Bapak Drs. Aris Widaryanto, M.M menyampaikan dalam forum tersebut bahwa sebelumnya pada tanggal 7 Februari 2024 Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai telah melaksanakan review secara internal standar pelayanan 2023. Beberapa identifikasi review standar pelayanan 2023 yaitu perubahan peraturan pemerintah di layanan fasilitasi sertifikasi fungsional ASN, tambahan dasar hukum di dokumen standar pelayanan dan ISO, perubahan komponen sistem, mekanisme dan prosedur (tambahan alur di dokumen Standar Pelayanan dan perubahan di dokumen ISO), penyampaian batasan minimal untuk jumlah peserta/asesi yang mengikuti penilaian kompetensi di layanan Assessment Center dengan menginap/tanpa menginap, metode sedang, metode sederhana dan Tes Psikologi
Diharapkan dengan dilaksanakannya Forum Konsultasi Publik (FKP) 2024 penyelenggara pelayanan dan pengguna layanan dapat memperoleh pemahaman yang sama sekaligus mendapatkan solusi atas isu-isu penyelenggaraan pelayanan publik sehingga diperoleh kebijakan yang efektif dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan.